Friday, May 18, 2018

Mengenal Microsoft Office Word 2016

Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam paket program aplikasi microsoft office, yang sejak mulai dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat lunak ternama di dunia yaitu Corporation. Perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft ini pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003, 2007, 2010, 2013, dan 2016 diberi nama Microsoft Office Word.

Microsoft Word 2016 merupakan salah satu software pengolah kata yang sangat populer dan sudah diakui kecanggihannya. Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah kata, menjadikan software ini paling banyak dipakai oleh operator komputer, karena keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam menyelesaikan pekerjaan, terutama pekerjaan perkantoran.

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih, terutama kaitannya dalam bidang internet, Ms-Word 2016 menempatkan diri dengan baik yaitu dengan adanya fitur yang dapat terintegrasi dengan layanan online.


Menjalankan Ms-Word 2016
Langkah untuk menjalankan program Ms-Word 2016 dapat dengan :

klik tombol Start  --> All Programs --> Microsoft Office 2016 --> Microsoft Word 2016.

Halaman Ms-Word 2016 yang tampil pertama kali sebagai berikut :

Tampilan awal Ms-Word 2016 terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut :
  • Recent : bagian ini menunjukkan nama-nama file yang pernah dibuka sebelumnya dengan Ms-Word 2016.
  • Open Other Document :  digunakan untuk membuka dokumen lain yang pernah tersimpan sebelumnya.
  • Blank Document : digunakan untuk membuka dokumen kosong atau lembaran baru dalam Ms-Word 2016.

Beberapa fitur baru pada Ms-Word 2016 :
11    Terintegrasi dengan layanan Online
Layanan online yang dapat diintegrasikan dalam Microsoft Word 2016 berupa akun di Microsoft, Hotmail, SkyDrive, Youtube dan bahkan support terhadap layanan jejaring sosial Linkedin. Selain itu kita juga dapat menyimpan file hasil kerjaan kita di Microsoft Word ke Could Storage SkyDrive.
Untuk menggunakan fitur ini, komputer harus terhubung dengan jaringan internet dan memiliki akun tersendiri didalam situs-situs tersebut.

22    Kemudahan dalam mengolah objek
Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Microsoft Word 2016, sebagai contoh dalam mengolah objek, tabel, gambar, dan shape. Salah satunya adalah adanya tombol Layout Option di pojok kanan atas objek yang terpilih.

33    Pembaharuan Template Ms-Word
Salinan template bawaan yang ada pada Ms-Word 2016 lebih baik dan variatif. Template yang dibawakan secara default adalah template terpopuler dan sering digunakan. Selain itu, jika kita ingin memiliki atau mencoba ribuan template yang lain, kita bisa menggunakan layanan Search Template  secara Online.


44    Office Apps
Ini adalah fitur baru yang unik dan menarik karena dengan fitur ini pengguna diharapkan dapat lebih produktif dalam menggunakan Ms-Word 2016. Salah satu contoh Office Apps berupa encyclopedia, template app, dan lain-lain.

55    Import Gambar dari Internet
Kita tidak perlu mendownload gambar terlebih dahulu untuk memasangnya pada dokumen. Kita dapat memilih gambar-gambar yang disediakan di Clip Art Office.com atau dari mesin pencari gambar Bing, atau dari akun SkyDrive.


66    Mengimport Video Online
Fitur ini dapat dengan mudah memasang video online yang didapat dari situs video streaming pada dokumen Ms-Word 2016, baik itu dari video Search Bing atau Youtube atau provider video streaming (dengan video embed code nya).

77    Mampu Mengedit File PDF
Ms-Word 2016 telah menyediakan fitur menyimpan dan mengedit file PDF dengan mudah.

0 comments:

Post a Comment